Saturday, June 20, 2015

Waspada Penipuan Facebook

BursaGosip - Dunia maya kembali digemparkan oleh tindak penipuan melalui Facebook. Para tersangka berada di Situbondo, Jawa Timur. Berita tersebut sudah heboh karena penipuan ini bukan dilakukan oleh satu orang, kasus ini terkait lima anak muda yaitu Ahmad Zaini, Rifki, Joni Hidayatullah, Samsudi juga Muhammad Basar. kelimany adalah warga Situbondo.

Keterangan yang diperoleh pihak kepolisian adalah mereka telah beraksi sejak 2011 silam serta telah ribuan akun dibobol. Setelah dibobol biasanya digunakan untuk bermain judi poker. bahkan bila akun facebook tersebut memiliki banyak chip poker mereka akan menjualnya dengan harga 500ribu setiap satu milyar chip poker.
Barang bukti yang didapat oleh polisi antara lain sebuah unit CPU, satu unitlaptop dan sejumlah ATM berbagai bank beserta buku tabungan. didalam rekening masih tersisa 11juta hasil sisa penjualan chip poker.
Selain kasus tersebut di Surabaya pihak berwajib juga melakukan penangkapan seorang warga Desa Tlanak, kecamatan Kedung Piring, Lamongan, Jawa Timur. sama terkait kasus penipuan Online Facebook. Menurut pantauan BursaGosip sudah marak penipuan melalui Facebook berjalan.
Untuk kasus Surabaya tersangka mengaku sebagai pejabat personalia pabrik mie instan dan menawarkan lowongan kerja dengan posisi pekerja dibagian produksi. Korban yang berminat diharuskan menyetor uang 200ribu sebagai uang pendaftaran. Maka banyak pencari kerja setelah mentransfer uang tersebut malah tidak pernah mendapat panggilan.
Setelah tersangka menipu cukup banyak orang dan juga banyak laporan masyarakat akan masalah penipuan tersebut tim Cybercrime lantas mengusut dan mencari Tersangka. Menurut pengakuan tersangka setidaknya telah puluhan orang yang pernah ditipu olehnya.
BursaGosip juga menyarankan kepada para pecinta sosial media berhati-hati dalam segala tindak penipuan didalam dunia Facebook dan sosia media lainnya

No comments:

Post a Comment